Wednesday, November 7, 2012

Info Bank: banyak perusahaan pembiayaan berkinerja buruk


" Ada sekitar 170 perusahaan pembiayaan yang kami nilai, namun hanya 87 yang berhak menyandang gelar `Multifinance Awards 2012`,"

(17 september 2012)

Denpasar (ANTARA News) - Majalah Info Bank menilai masih banyak perusahaan pembiayaan di Indonesia berkinerja buruk sehingga tidak mampu bersaing dengan perusahaan asing.

"Ada sekitar 170 perusahaan pembiayaan yang kami nilai, namun hanya 87 yang berhak menyandang gelar `Multifinance Awards 2012`," kata Direktur Riset Majalah Info Bank, Eko B Supriyanto, di Denpasar, Minggu.

Menurut dia, sebagian perusahaan tersebut tak mampu bersaing karena banyak kelemahan. Mereka kalah bersaing dalam hal pendanaan dan sistem manajemen seiring hadirnya perusahaan besar dengan pengelolaan modern serta profesional.

Kehadiran perusahaan pembiayaan besar itu secara perlahan telah menggulung yang lemah dan berkinerja buruk

"Kendati ada sebagian kinerja perusahaan itu yang buruk namun diperkirakan pertumbuhan secara umum sebesar 23 persen," ucapnya.

Eko menjelaskan bahwa perkiraan pertumbuhan itu karena masyarakat masih mempercayai an memilih perusahaan itu dalam memenuhi kebutuhannya. Kendati bunga kredit perusahaan "multifinance" lebih tinggi, namun proses mereka jauh lebih mudah. 

"Proses kredit atau pembiayaan di bank jauh lebih lama dibandingkan perusahaan multifinance," katanya.

Jumlah pembiayaan yang telah disalurkan oleh perusahaan tersebut selama Januari--Juli 2012 sebesar Rp326 triliun, sedangkan pada periode sama tahun lalu jumlah kredit tersalurkan sebanyak Rp266 triliun.

"Secara umum, kredit macet dalam industri pembiayaan hanya 1,1 persen. Kami yakin perusahaan itu akan terus tumbuh," ujarnya.
(KR-IGT/M038)

No comments:

Post a Comment